JudulPersepsi Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Tadulako Tentang Museum Sulawsi Tengah Sebagai Sumber Belajar Sejarah |
Nama: Afriana |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Afriana, 2019. Persepsi Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Tadulako Tentang Museum Sulawesi Tengah Sebagai Sumber Belajar Sejarah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Hasan, Pembimbing (II) Mahfud. Masalah penelitian ini sebagai berikut 1) Bagaimana Persepsi Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Tadulako tentang Museum Sulawesi Tengah Sebagai Sumber Belajar Sejarah?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan persepsi mahasiswa pendidikan sejarah FKIP Universitas Tadulako sebagai sumber belajar sejarah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara dan kuisioner, serta mengolahnya dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di Lingkungan kelas Prodi Pendidikan Sejarah pada bulan Maret 2019. Hasil penelitian : 1) alasan mahasiswa berkunjung ke Museum karena keinginan diri sendiri dan mengerjakan tugas dari dosen, 2) fasilitas Museum Sulteng sudah menunjang, 3) pelayanan pengelolah museum sudah baik dan ramah, 4) museum sulawesi tengah bermanfaat bagi mahasiswa sebagai sumber belajar sejarah, 5) koleksi museum sulawesi tengah menunjang untuk dijadikan sumber belajar sejarah, 6) perpustakaan Museum Sulawesi Tengah belum membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas. Kata kunci : Persepsi, Mahasiswa, Sumber belajar sejarah |