JudulPENGARUH PENERAPAN PAIKEM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 TINOMBO SELATAN |
Nama: MUHAJIRA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Muhajira. 2019. “Pengaruh Penerapan PAIKEM Terhadap Prestasi Belajar Sejarah di SMA Negeri 1 Tinombo Selatan”. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Suyuti, Pembimbing (2) Hasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar sejarah melalui penerapan PAIKEM dan penerapan konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tinombo Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonrandomizes control group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purpose sampling, siswa kelas X IPA 3 sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan penerapan PAIKEM, dan siswa kelas X IPA 2 sebagai kelompok kontrol yang menggunakan penerapan konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar sejarah berupa tes pilihan ganda. Data instrumen tes analisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t menggunakan SPSS (Statistical Package for Social Sciences) 16. Kriteria pengujian pihak kanan pada taraf signifikansi (?) = 0,05 yaitu jika "t" _"hitung" ? "t" _"tabel " diperoleh 4,296 ? 1,669 sehingga hipotesis nol (H0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan PAIKEM terhadap prestasi belajar sejarah kelas X IPA 3 di SMA Negeri 1 Tinombo Selatan”. Kata Kunci : PAIKEM, Prestasi, Belajar & Sejarah. . |