JudulPEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PALU |
Nama: SAIRUN KADULA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK SAIRUN KADULA, (2020), PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PALU. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Mahfud M. Gamar, M.Pd Skripsi ini bertujuan membahas (1) bagaimana pemanfaatan sarana dan prasarana dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Palu? (2), apa saja kendala yang dihadapi guru dalam pemanfataan sarana dan prasarana di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Palu?. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS 1, siswa kelas XI IPS 1, kepala sekolah SMA Negeri 1 Palu, dan wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah (a), aspek efektifitas, pemanfaatan sarana sudah dilakukan dengan baik seperti penggunaan alat pelajaran alat peraga dan media pembelajaran. Aspek efektifitas, pemanfaatan prasarana juga telah dilakukan dengan baik, seperti memanfaatkan perpustakaan sebagai salah satu sumber dan tempat belajar sejarah dan melakukan lawatan sejarah. Aspek efesiensi pemanfaatan sarana dan prasarana masih kurang, guru sejarah kelas XI IPS 1 belum melakukan penyusunan dan pengajuan jadwal penggunaan sarana dan prasarana. (b), kendala yang dihadapi oleh guru untuk memanfaatkan sarana dan prasarana, belum adanya media pembelajaran sejarah yang digunakan secara khusus, tidak adanya laboratorium IPS atau tempat yang khusus untuk menyimpan alat peraga dan media pembelajaran sejarah, tidak adanya petugas khusus yang mengatur dan mengelolah sarana dan prasarana. Kata Kunci : Sarana dan Prasarana, Pembelajaran Sejarah dan SMA Negeri 1 Palu |