JudulMotivasi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs. Alkhairat Ampibabo |
Nama: SUCIPTO |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK MOTIVASI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs. ALKHAIRAT AMPIBABO Sucipto A 311 14 130 Motivasi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Mts. Alkhairat Ampibabo. Motivasi guru sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam belajar disekolah. Hal ini merupakan salah satu ciri bahwa proses pendidikan dikatakan tercapai apabila siswa mampu membuktikannya dengan hasil belajar yang cukup baik. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh motivasi guru dalam belajar baik disekolah maupun di rumah. Penelitian ini menarik rumusan masalah: Bagaiamana cara guru memberikan motivasi kepada siswa dalam meningkatkan prestasi belajar? Bagaimana pengaruh motivasi guru terhadap prestasi belajar? Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi motivasi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs. Alkhairat Ampibabo. Adapun hipotesis yang penulis ajukan yaitu peningkatan prestasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh pemberian motivasi guru pada mata pelajaran IPS di MTs. Alkhairat Ampibabo. Metode Penelitian yang di gunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, menggunakan istrumen wawancara dan dokumenasi. Wawancara yang di lakukan untuk memperoleh informasi tentang motivasi yang di berikan guru, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data tentang prestasi belajar dan data kuantitatif nilai ujian akhir semester. Instrument wawancara yang diberikan sangat berkaitan dengan peran guru dalam memberikan motivasi pada siswa berdasarkan teori konsep Hamza B. Uno (2013:34-37). Berdasarkan hasil penelitian, penulis menggunakan Nilai akhir semester kelas VIII dan IX sebagai bahan untuk mengukur prestasi belajar siswa, kemudian di analisis hasil scor dari penilaian Kognitif, Psikomotorik dan Afektif terjadi peningkatan yang signifikan antara semester Ganjil ke-Genap. Hal ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa sangat di pengaruhi oleh motivasi yang diberikan guru, lingkungan sekolah, sarana dan prasarana agar menunjang prestasi belajar siswa. Oleh karena itu prestasi belajar siswa yang tinggi ini di pengaruhi oleh pemberian motivasi guru, perhatian orang tua, sarana dan prasarana, lingkungan sekolah dan lain sebagainya. Karena pengaruh Motivasi yang di berikan guru sangat bervariasi sehingga tidak membosankan siswa. Kata kunci :Motivasi Guru, Prestasi Belajar |