JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN RESUME KELOMPOK KELAS VIII B SMP NEGERI 2 BANAWA SELATAN |
Nama: ALFIAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK ALFIAN 2021. Meningkatkan Masil Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Resume Kelompok. Skripsi. Progam Studi Sejarah, Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1). Prof. Dr. H. Juraid.,M. Hum dan pembimbing (II) Haliadi, S.S,. M.Hum., Ph.D. Permasalahan dalam artikel ini adalah apakah metode pembelajaran resume kelompok dapat meningkatkan hasil belajar ips di kelas VIII B SMP Negeri 2 Banawa Selatan? adapun tujuan yang ingin dicapai dalam artikel ini adalah menganalisis metode pembelajaran resume kelompok dalam meningkatkan hasil belajar ips kelas VIII B SMP Negeri 2 Banawa Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam literature bahasa Inggris disebut dengan Classroom Action Research yang bertujuan memberikan gambaran terkait dengan meningkatkan hasil belajar ips melalui metode pembelajaran resume kelompok kelas VIII B Negeri 2 Banawa Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan validasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari analisis data pada penelitian diperoleh belajar individu siklus I siswa yang tuntas 12 orang dari jumlah keseluruhan 25 orang, dengan daya serap ketuntasan klasikal 48,00?n daya serap ketuntasan individu mencapai 71,56%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas menjapai 22 orang siswa dengan ketuntasan daya serap klasikal 88,00?ngan daya serap individu mencapai 84,4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Metode Pembelajaran Resume Kelompok pada pembelajaran ips dikelas VIIIB SMP Negeri 2 Banawa Selatan dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat meningkatkan aktivitas dan kreatif siswa. Katakunci: meningkatkan, metode, resume kelompok |