JudulIMPLIKASI PENDIDIKAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI SISWA BERPRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMP NEGERI 2 BANAWA TENGAH |
Nama: MOH ZEN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Implikasi pendidikan orang tua dalam memotivasi siswa yang berprestasi pada mata pelajaran sejarah di SMP Negeri 2 banawa tengah. Dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implikasi pendidikan orang tua dalam memotivasi siswa berprestasi belajar pada mata pelajaran sejarah di SMP Negeri 2 Banawa Tengah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe pendekatan deskriptif . Sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi , wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan diwilayah Desa Lumbu Dolo Kecamatan Banawa Tengah Kabupaten Donggala, setelah data berhasil dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif dengan metode alur meliputi komponen reduksi, penyajian, dan verifikasi. Sehubungan dengan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa orang tua siswa di SMP Negeri 2 Banawa Tengah. Telah memiliki pandangan yang sehat bagi pendidikan anak. Tentunya merupakan hal yang sangat menggembirakan karena para orang tua akan berupaya semaksimal mungkin untuk menanamkan pendidikan dalam diri anak – anak mereka. Peran keluarga terutama orang tua siswa di SMP Negeri 2 Banawa Tengah dalam memberikan dorongan belajar dengan cara memberikan semangat terhadap ciri anak akan pentingnya suatu pendidikan untuk masa depan mereka, selalu berupaya memberikan motivasi dengan cara membimbing dan mengawasi aktivitas anak agar anak bisa membagi waktu antara aktivitas bermain dan belajar sehingga tidak mengabaikan tugas belajarnya. Orang tua sendiri selalu mengontrol proses belajar anak untuk memastikan apakah anaknya sungguh – sungguh dan menerima sajian metari pelajaran khususnya pelajaran sejarah, yang dimana masih kurangnya minat anak untuk belajar pelajaran sejarah. Hambatan keluarga terutama orang tua dalam memotivasi belajar anak ketersediaanya sarana komunikasi dan telekomunikasi seperti televisi yang membawa pengaruh besar terhadap motivasi belajar anak, faktor – faktor lingkungan turut pula mempengaruhi perkembangan belajar anak. Kata kunci : Pendidikan Orang tua, Memotivasi dan Anak |