JudulKEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS DI SMA KARUNA DIPA |
Nama: DEWIKAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK DEWIKAWATI, 2020. Kemampuan Guru dalam Mengelola Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA Karuna Dipa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Junarti Permasalahan dalam Skripsi ini adalah : (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Karuna Dipa ? (2) Apakah telah berjalan dengan baik proses pembelajaran di dalam kelas? Adapun metode yang di gunakan dalam Skripsi ini adalah jenis metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran sejarah adalah :pembelajaran yang dilakukanoleh guru sudah cukup baik bahkan dalam proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran sedangkan guru mengawasi dan membimbing atau yang biasa disebut sebagai fasilitator. Terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran yakni pengelolaan waktu dan sarana pembelajaran yang kurang memadai. Kata kunci: Kemampuan Guru, MengelolaPembelajaran, Dan KarunaDipa |