JudulSTRATEGI PEMBELAJARAN ONLINE PENDIDIKAN SEJARAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 SINDUE |
Nama: TRIAN SARIF |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Trian Sarif, 2021. Strategi Pembelajaran Online Pendidikan Sejarah dalam Penerapan Kurikulum 2013 di Kelas XI IIS SMAN 1 Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Mahfud M. Gamar dan Mutawakkil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran online pendidikan sejarah dalam penerapan Kurikulum 2013 serta kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu melakukan pengamatan dan wawancara secara mendalam mengenai pelaksanaan proses pembelajaran online sejarah serta kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum 2013 di kelas XI IIS SMAN 1 Sindue. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi, wawaancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru adalah menggunakan Whatsapp sebagai media atau platform guru untuk melaksankan kegiatan belajar mengajar, google form juga digunakan sebagai media dalam pelaksanaan ujian, selain itu guru juga melakukan konsultasi secara tatap muka untuk siswa yang tidak memiliki smartphone. Selanjutnya Kendala yang dihadapi dalam menerapkan Kurikulum 2013 ditengah pembelajaran secara daring adalah siswa kurang berdiskusi dan aktif ketika proses belajar-mengajar berlangsung sehingga dirasa kurang efektif, jaringan yang kurang stabil, kemudian kurangnya kontrol dari orang tua siswa, guru tidak dapat mengetahui secara langsung apakah siswa dapat memahami materi yang telah disampaikan atau tidak, tolak ukur untuk saat ini adalah dengan melihat ketercapaian nilai dari tugas-tugas yang diberikan. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Online Pendidikan Sejarah, Kurikulum 2013 |