Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK MUHAMMADIYAH PARIGI TENGAH
Nama: MUHAMMAD REZA
Tahun: 2023
Abstrak
Muhammad Reza, 2021. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMK Muhammadiyah Parigi Tengah. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I, Misnah dan Pembimbing II, Mutawakkil. Permasalahan dalam Penelitian ini adalah apa saja kesulitan yang dialami siswa dalam pemebelajaran sejarah di SMK Muhammadiyah Parigi Tengah, bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar di SMK Muhammadiyah Parigi Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam pembelajaran sejarah di SMK Muhammdiyah Parigi Tengah, untuk menjelaskan bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru sejarah dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMK Muhammadiyah Parigi Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilakukan pada bulan juni sampai juli semester genap tahun pelajaran 2019/2020.Lokasi penelitian bertempat di Smk Muhammadiyah Parigi Tengah.Subjek penelitian ini adalah guru sejarah di Smk Muhammadiyah Parigi Tengah.Objek penelitian ini adalah upaya guru mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di sekolahSmk Muhammadiyah Parigi tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa sudah dilakukan dengan baik dan ditunjang dengan banyak cara. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Smk Muhammadiyah Parigi tengah dilakukan dengan cara sering mengulang bahan pelajaran agar siswa dapat lebih memahaminya, tidak terlalu cepat dan berikan contoh yang kongkrit bagi setiap konsep yang dibahas, menggunakan alat bantu dan media sehingga dapat memperjelas bahan pelajaran yang diberikan, pelajaran tambahan diluar kelas, pengaturan pembagian kelompok, perhatian khusus, pemberian tugas secara teratur, pemberian tugas yang lebih sedikit dan penghargaan khusus. Kata Kunci : Upaya Guru mengatasi Kesulitan Belajar ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up