JudulPENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 BULAGI |
Nama: Shofyan M |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kedisipilin siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 2 Bulagi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah berjumlah 40 siswa yang berada di SMP Negeri 2 Bulagi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, angket. Analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dan interprestasi. Uji hipotesis, hasil penelitian menunjukan bahwa r hitung sebesar 0,809.dan hasil uji? t?_(hitung ) diperoleh lebih besar dibandingkan dengan nilai t_(tabel ) atau 14,454 > 0,312 sehingga H_a diterima dan H_o ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 2 Bulagi dengan tingkat hubungan sangat kuat. |