JudulPENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 8 PALU |
Nama: NURTINA |
Tahun: 2019 |
Abstrak NURTINA, 2019. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Sejarah di SMA Negeri 8 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Suyuti, M. Pd dan Pembimbing (2) Dr. Hasan, M. Hum Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Sejarah di SMA Negeri 8 Palu? Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar sejarah di SMA Negeri 8 Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Pengambilan jumlah Sampel penelitian sebanyak 45 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran angket pengaruh kompetensi profesional guru dan angket motivasi belajar. Berdasarkan Uji hipotesis, hasil penelitian menunjukan bahwa r_hitung sebesar = 0,562. Hasil uji? t?_(hitung ) diperoleh lebih besar dibandingkan dengan nilai t_(tabel ) atau (6,557> 0,294) maka H_1 diterima dan H_o ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar sejarah di SMA Negeri 8 Palu. Kata Kunci: Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Sejarah |