JudulANALISIS PENGGUNAAN METODE MENGAJAR GURU MATA PELAJARAN SEJARAH DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN SEJARAH TERHADAP SISWA DI SMA NEGERI SE-KOTA PALU |
Nama: SAMSU ALAM |
Tahun: 2019 |
Abstrak Samsu Alam, 2019. Analisis Penggunaan Metode Mengajar Guru Mata Pelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Pemahaman Sejarah terhadap Siswa di SMA Negeri Se-Kota Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I, Hasan dan Pembimbing II, Nuraedah. Adapun permasalahan dalam penelitian ini ialah 1) metode mengajar apa saja yang digunakan guru mata pelajaran sejarah ?, 2) bagaimana kemampuan guru mata pelajaran sejarah menerapkan metode mengajarnya ?, dan 3) bagaimana tanggapan siswa tentang penggunaan metode mengajar guru mata pelajaran sejarah, dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman sejarah terhadap siswa di SMA Negeri Se-Kota Palu ?. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan analisis datanya ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah mulai dari SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu, SMA Negeri 5 Model Palu, dan SMA Negeri 7 Palu. Menurut hasil penelitian dengan berdasarkan pada data-data yang telah diperoleh dan dianalisis, bahwa terdapat banyak metode mengajar yang digunakan dan divariasikan satu sama lainnya akan tetapi dari semua metode mengajar tersebut terdapat empat (4) metode mengajar yang termasuk sering digunakan dalam menyajikan materi pelajaran sejarah di kelas yaitu 1) metode tanya jawab, 2) metode diskusi, 3) metode pemberian tugas, dan 4) metode ceramah. Kemampuan guru mata pelajaran sejarah di tiga lokasi penelitian ini sudah termasuk baik dalam menyajikan materi pelajaran sejarah di kelas guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman sejarah terhadap siswa. Melalui tanggapan siswa, diperoleh jawaban bahwa sebagian besar siswa yang dilibatkan memberikan tanggapan senang dengan metode mengajar yang diterapkan guru mereka karena merasa materi yang disampaikan mudah dipahami serta dengan kemampuan gurunya membuat suasana kelas terasa tidak membosankan, walaupun hal ini tidak terjadi pada keseluruhan siswa dalam satu kelas. Maka dari itu, kemampuan setiap guru mata pelajaran sejarah masih perlu mendapatkan perhatian lebih untuk ditingkatkan lagi agar penerapan metode mengajarnya dan suasana setiap proses pembelajaran sejarah menjadi lebih menyenangkan dari sebelumnya. Sehingga, pengetahuan dan pemahaman sejarah dikalangan siswa menjadi lebih baik lagi. Kata Kunci : Metode Mengajar, Pengetahuan, Pemahaman dan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Sejarah |