JudulKEDISIPLINAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PALU |
Nama: REINDESRIANDA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK REINDESRIANDA MOLUBONG, (2021). Kedisiplinan Guru sejarah dalam Meningkatkan hasil Belajar mata pelajaran sejarah pada Siswa kelas XI SMK Nenegi 3 Palu. Skripsi, program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Charles Kapile, Pembimbing (II) Junarti Permasalahan dalam Skripsi ini adalah, (1) Bagaimana kedisiplinan guru sejarah di SMK Negeri 3 Palu. (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 3 palu yang dilihat dari nilai tugas harian semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Kedisiplinan Guru sejarah dalam Meningkatkan hasil Belajar mata pelajaran sejarah pada Siswa kelas XI SMK Negeri 3 Palu dapat disimpulkan bahwa secara umum keadaan guru sejarah di SMK Negeri 3 Palu dapat dikatakan disiplin, namun jika dilihat dari perorangan maka kedisiplinan guru sejarah masih perlu untuk lebih meningkatkan kedisiplinannya di beberapa indikator kedisiplinan, seperti memulai dan mengakhiri pembelajaran sesuai waktu yang di tentukan, hal ini di pengaruhi oleh situasi dan kondisi dimasa vandemi Covid 19 . Tingkat kedisiplinan guru tentu sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, kedisiplinan kerja guru sangat mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi meningkat. Hasil belajar siswa berdasarkan dokumen guru sejarah yang ada menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa dikatakan tuntas walapun terdapat beberapa siswa yang nilainya belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang mana hal ini juga di sebabkan situasi dan kondisi vandemi covid 19 Kata Kunci: Kedisiplinan Guru dan Hasil Belajar |