JudulPenggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X IPS SMA Negeri 6 Palu |
Nama: DELFI YUNITA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahapan di setiap siklusnya yakni: (1). Perencanaan, (2). Pelaksanaan, (3). Pengamatan dan (4). Refleksi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X IPS SMA Negeri 6 palu. Pada siklus I berdasarkan hasil observasi minat belajar siswa menunjukkan nilai bervariasi 2. Sedangkan pada siklus ke II berdasarkan hasil observasi minat siswa menunjukkan nilai bervasiasi 3, dapat dilihat bahwa adanya peningkatan minat dari siklus I ke siklus II. Hasil presentasi wawancara juga menunjukan bahwa dari 25 siswa, 3 orang (12%) menyatakan sangat berminat mengikuti model pembelajaran sejarah Indonesia menggunakan media gambar, 12 orang (48%) menyatakan berminat, 10 orang (40%) menyatakan cukup berminat, dan tidak ada siswa yang menjawab tidak berminat. Dari 25 siswa, 23 orang (92%) menyatakan model pembelajaan menggunakan media gambar memudahkan dalam memahami materi pelajaran dan 2 orang (8%) menyatakan tidak. Selain itu dari 25 siswa, 6 orang (24%) menyatakan sangat senang dengan pembelajaran sejarah Indonesia menggunakan media gambar, 14 orang (56%) menyatakan senang, dan 5 orang (20%) menyatakan cukup senang. |