JudulPengaruh Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Palu |
Nama: FAHRI ALIMUDIN |
Tahun: 2020 |
Abstrak Fahri Alimudin,2019.Pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar sejarah pada siswa di SMA Negeri 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I)Dr.Suyuti M.Pd dan Pembimbing (II)Dr.Hasan, M.Hum Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh disiplin terhadap Prestasi belajar sejarah pada siswa di SMA Negeri 1 Palu?. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar sejarah pada siswa di SMA Negeri 1 Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitiannya berjumlah 143 siswa yang berada SMA Negeri 1 Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, kuesioner/angket. Analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Inferensial. Hasil pengujian yang digunakan adalah korelasi pearson product moment. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif pencapaian skor pada setiap variabel dan analisis inferensial yang menggunakan rumus korelasi pearson product moment yang digunakan pada taraf kepercayaan 5%. Uji hipotesis penelitian ini menunjukan bahwa r hitung sebesar 0,740.dan hasil uji? t?_(hitung ) diperoleh lebih besar dibandingkan dengan nilai t_(tabel ) atau 10,972 > 0,288 sehingga H_a diterima dan H_o ditolak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar sejarah pada siswa di SMA Negeri 1 Palu dengan tingkat hubungan sedang. Kata Kunci : Disiplin, Siswa, dan Prestasi Belajar |