JudulPEMANFAATAN KELAS OUTDOOR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI6 DI SMAN MODEL TERPADU MADANI PALU |
Nama: MOH TEZARD NUGRAHA |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Moh Tezard Nugraha. 2019. Pemanfaatan kelas outdoor dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah indonesia kelas XI6 di SMAN Model Terpadu Madani Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Nuraedah, (2) Mahfud M. Gamar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh produk kelas outdoor dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas XI6 pada mata pelajaran sejarah Indonesia di SMAN Model Terpadu Madani Palu. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Sedangkan metode penelitian ini memiliki beberapa tahap yaitu Tahap Persiapan Penelitian, Tahap Persiapan Pembelajaran, Tahap Pelaksanaan Pembelajaran, dan Tahap Pasca Penelitian. Adapun instrumen pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan lembar rubrik penilaian. Hasil penelitian yang dilakukan terdapat masalah pada peggunaan kelas outdoor yang kurang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran disekolah, sehingga peneliti membuat produk bahan ajar berupa pembelajaran dikelas outdoor dan RPP melalui proses penilaian. Adapun hasil Validator bahwa bahan ajar dapat dipergunakan oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui guru kelas XI6 di SMAN Model Terpadu Madani Palu telah memanfaatkan pembelajaran di kelas outdoor untuk meningkatkan pemahaman siswa. Kata Kunci: outdoor; metode; & sejarah. |