Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN GURU SEJARAH TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 MODEL PALU
Nama: PRASTYONO
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Prastyono, 2020. Peran Guru Sejarah Terhadap Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa di kelas Xi IPS SMA Negeri 5 Model Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Haliadi, Pembimbing (II) Nuraedah. Penelitian ini bertujuan membahas bagaimana peran Guru sejarah dalam membentuk sikap nasionalisme pada siswa SMA Negeri 5 Model Palu. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam skripsi ini yaitu, menjelaskan sejauh mana peran Guru sejarah terhadap pembentukan sikap nasionalisme siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Model Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan membahas bagaimana peran Guru sejarah terhadap pembentukan sikap nasionalisme siswa di SMA Negeri 5 Model Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara dan observasi, subjek yang menjadi narasumber ialah 3 orang Guru. Sesuai hasil penelitian yang dilakukan terkait peran Guru sejarah terhadap pembentukan sikap nasionalisme siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Model Palu dapat disimpulkan bahwa peran Guru sejarah dalam membentuk sikap nasionalisme siswa ada beberapa tahap dalam membentuk sikap nasionalisme pada siswa yaitu menyiapkan materi, kedua menentukan model pembelajaran dan mengajarkan untuk menghargai jasa-jasa pahlawan. Peran Guru sejarah dalam menanamkan sikap nasionalisme sudah berjalan sangat baik, Siswa selalu menghargai sesama teman, mencintai tanah air dengan cara antusias untuk mengikuti upacara bendera setiap hari senin bahkan siswa jarang terlambat datang ke sekolah. Kata Kunci: Peran, Guru Sejarah, dan Nasionalisme ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up