Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI KEGIATAN PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS VIII ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA DI SEKOLAH SMP NEGERI 11 SIGI
Nama: INDRA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Indra, 2020. Implementasi Kegiatan Pramuka Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas VIII Anggota Gerakan Pramuka Di Sekolah SMP Negeri 11 Sigi, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Hj. Junarti. Permasalahan dalam penelitian ini yakni : Bagaimanakah dampak kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dapat meningkatkan dan membentuk karakter disiplin siswa SMP Negeri 11 Sigi? Adapun tujuan dari penelitian ini yakni berdasarkan dari rumusan masalah tujuan penelitian ini adalah menjelaskan apakah dampak kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dapat meningkatkan dan membentuk karakter disiplin siswa SMP Negeri 11 Sigi. Kegiatan pra penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat disiplin siswa sebelum diberikan pembelajaran ekstrakulikuler pramuka. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif Penelitian ini menggunakan studi lapangan dengan memperoleh data dengan berbagai instrument yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Menurut Bodgan dan Taylor dalam Melong. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pramuka berdasarkan nilai-nilai karakter yang dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP 11 Sigi. Sehingga adanya ekstrakurikuler pramuka pada siswa SMP 11 Sigi dapat digunakan oleh pembina atau guru meningkatkan nilai-nilai karakter kedisiplinan peserta didik atau kedisiplinan setelah ada kegiatan pramuka sehinga dapat dikatakan bahwa kegiatan pramuka dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Kata Kunci : Disiplin Siswa, Pramuka

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up