JudulPERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 6 PALU |
Nama: Jusnaini |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Jusnaini, 2018. Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 6 Palu, skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Iskandar Pembimbing (I) dan Charles Kapile Pembimbig (II). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu“ Bagaimana Memanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai sumber belajar pada pembelajaran sejarah”. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perpustakaan sebagai sumber belajar pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini digunakan metode deskriptif-kualitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu 25?ri 109 siswa yaitu 25 orang siswa dengan cara pengambilan random sampling atau pengambilan secara acak. Teknik pengambilan data melalui: observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar pembelajaran terutama bagi siswa yaitu dengan waktu mereka untuk berkunjung ke Perpustakaan Sekolah, guna untuk membaca buku yang tersedia, untuk menambah pengetahuan umum, ataupun untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran sejarah, pengerjaan tugas tersebut dilakukan secara berkelompok maupun secara individu. Guru selalu berperan aktif dalam kunjungan siswa ke perpustakaan, yaitu dengan memberi motivasi kepada siswa untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka, serta memberikan tugas-tugas yang membuat siswa datang ke perpustakaan. Guru menjadi terbantu dalam pemanfaatan perpustakaan sehingga guru dapat menambah bahan ajar yang akan disampaikan kepada siswa di SMA Negeri 6 Palu. Kata Kunci : Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar, dan Pembelajaran Sejarah |