Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeran Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri Model Terpadu Madani
Nama: ANDI WIDYA
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Andi Widya, 2019. Peran Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri Model Terpadu Madani, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1. (Iskandar) Pembimbing 2. (Mutawakkil). Permasalahan dalam penelitian ini, bagaimana peran guru dan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Model Terpadu Madani ?. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan peran guru dan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS SMA Negeri Model Terpadu Madani. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif, Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memiliki latar belakang mengenai peningkatan prestasi belajar siswa di SMA Negeri Model Terpadu Madani yang dibuktikan dengan nilai-nilai mata pelajaran yang baik dan selalu menjurai lomba maupun olimpiade, hal tersebut tentu tidak terlepas dari peran orang tua dan guru. Karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian tersebut. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran orang tua dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar diantaranya: (a) Mendampingi, seperti mendampingi siswa belajar, di rumah atau saat proses pembelajaran. (b) Memberikan fasilitas yang dibutuhkan, seperti membelikan alat-alat untuk keperluan sekolah, memberikan buku penunjang. (c) Memberikan motivasi, perhatian, semangat dan nasehat. (d) Mengontrol dan mengarahkan, seperti mengontrol buku, membatasi kegiatan anak, mengontrol dari aspek prestasi, kepribadian dan mata pelajaran. (2) Peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI IPS terdapat 9 siswa yang peningkatan prestasi belajarnya naik dari hasil analisis daftar nilai capaian kompetensi siswa. (3) Faktor pendukung meliputi adanya pelatihan guru, lingkungan di SMA Madani yang sangat kondusif, antusias orang tua dan pendampingan spiritual. Faktor penghambat meliputi ekonomi keluarga dan kepribadian siswa masing-masing. Kata Kunci: Peran Guru, Orang Tua dan Prestasi Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up