JudulKEMAMPUAN GURU SEJARAH DALAM MENERAPKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP) DI SMA NEGERI 1 SINDUE |
Nama: Fajar |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Fajar, 2019. Kemampuan Guru Sejarah Dalam Menerapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing(I) Charles Kapile dan Pembimbing(II) Junarti. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan guru sejarah di SMA Negeri 1 Sindue dalam menerapkan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) ? Berdasarkan rumusan masalah diatas maka, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kemampuan guru sejarah dalam menerapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedua guru sejarah dalam menerapkan RPP sudah memiliki kemampuan yang tergolong dalam kategori baik dan sangat baik. Dilihat dari hasil observasi bapak Drs.Silim memperoleh nilai 88,09?ta ini memperlihatkan bahwa kemampuan bapak Drs.Silim dalam menerapkan RPP termasuk dalam kategori baik. Kemudian penerapan RPP dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh bapak Ilham S.pd memperoleh nilai 92,85?ta ini memperlihatkan bahwa kemampuan bapak Ilham S.pd dalam menerapkan RPP termasuk dalam kategori sangat baik. Meskipun dalam penerapannya kedua guru sejarah belum mampu menggunakan waktu pembelajaran secara tepat sesuai yang tercantum di RPP , dan belum menggunakan media pembelajaran secara maksimal sekaligus kurang melibatkan siswa dalam penggunaannya serta ditemukan salah satu guru sejarah tidak memberikan apersepsi atau penguatan kembali mengenai materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya. Kata Kunci : Kemampuan,Guru, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran |