Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERHATIAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 1 BARAS
Nama: ZAENAL
Tahun: 2020
Abstrak
Abstrak Zaenal, 2020.Perhatian Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS SMP Negeri 1 Baras, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: SUYUTI Permasalahan dalam artikel ini yaitu : (1) Bagaimana peran dan partisipasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS SMP Negeri 1 Baras dan (2) Apa yang menjdi faktor-faktor pendorong dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS SMP Negeri 1 Baras? Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Menjelaskan peran dan partisipasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS SMP Negeri 1 Baras dan (2) Menjelaskan faktor-faktor apa saja yang mendorong prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS SMP Negeri 1 Baras. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan jumlah sampel 159 siswa dari 318 populasi analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Partisipasi dan peran orang tua dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS SMP Negeri 1 Baras. Perhatian serta dorongan dari orang tua siswa dengan memberikannya berbagai fasilitas penunjang pembelajaran mendorong anak lebih giat belajar disekolah dan di rumah dengan pengawasan guru dan orang tua. Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Prestasi belajar siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up