JudulKEDISIPLINAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MAMOSALATO |
Nama: ILHAM LAINAWA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Idham Lainawa, 2020. Kedisiplinan Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Mamosalato. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas KeguruanDan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Charles Kapile (2) Junarti Permasalahan dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana kedisiplinan Guru sejarah di SMA negeri 1 Mamosalato? (2) motivasi belajar Siswa terhadap mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Mamosalato? Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Kedisiplinan Guru sejarah di SMA Negeri 1 Mamosalato(2) Motivasi belajar Siswa terhadap mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Mamosalato. Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif.Metode yangdigunakanuntuk pengumpulan data dalampenelitianiniyaitu observasi, wawancara dan dokumen. Penelitian ini mempunyai latar belakang Guru yang kurang memadai, kurangnya Guru di Sekolah ini membuat Guru merangkap mata pelajaran. Karena itu penulis tertarik melakukan penelitian tersebut. Hasil yang dilakukanpenelitidalamartikel ini menunjukan bahwa kedisiplinan Guru dan motivasi belajar Siswa adalah cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara informan (1) adapun keterbatasan Guru sejarah tidak menjadi penghalang untuk memberikan pembelajaran yang baik kepada peserta didiknya sebaliknya bahkan mengikuti pembelajaran tersebut. (2) Siswa selalu termotivasi mengikuti pembelajaran sejarah karena proses pembelajaran yang diberikan Guru sejarah cukup efektif dan dapat dipahami para peserta didik. Kata Kunci :Kedisiplinan,Guru dan motivasi belajar Siswa |