Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA YAYASAN PENDIDIKAN TANJUNG BALAESANG (YPTB) KETONG KECAMATAN BALAESANG TANJUNG
Nama: WAHYU
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK WAHYU, 2020. Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Sejarah Di SMA YPTB Ketong Kecamatan Balaesang Tanjung. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mahfud. M. Gamar, Pembimbing (2) Mutawakkil Permasalahan dalam artikel ini yaitu : (1) Bagaimana peran guru dalam memotivasi siswa untuk belajar dalam pelajaran sejarah di SMA YPTB Ketong Kecamatan Balaesang Tanjung? Tujuan artikel ini yaitu : (1) Mendeskripsikan peran guru dalam memotvasi siswa untuk belajar dalam mata pelajaran sejarah di SMA YPTB Ketong Kecamatan Balaesang Tanjung. Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan jumlah sampel 21 siswa dari 118 populasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi, penyebaran angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Peran guru sebagai motivator dalam menigkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah di SMA Yayasan Pendidikan Tanjung Balaesang (YPTB) Ketong “ masih kurang maksimal, hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti bahwa guru sejarah pada saat menciptakan suasana pembelajaran di kelas yang menyanagkan, memberikan pujian dan penguatan, memberikan nilai, membantu peserta didik dalam kesulitan belajar, dan mengajar jarang memberikan penjelasan sesuai dengan materi yang diajarkan serta guru jarang mengunakan metode mengajar secara bervariasi, dalam, akan tetapi guru hanya sering mengunakan metode ceramah. (2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah masih rendah hal ini terlihat dari hasil penyebaran angket kepada siswa oleh peneliti yang menunjukan hasil bahwa siswa tersebut masih kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran sejarah hal ini juga terlihat banyaknya siswa memilih pilihan jarang disebabkan pada proses pembelajaran guru masih kurang memotivasi mereka atau masih minimnya sarana prasarana pendukung di sekolah khususnya pada mata pelajaran sejarah. Kata Kunci Pearan Guru , Minat Belajar dan pembelajaran Sejarah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up