JudulKREATIVITAS MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MAN TOLITOLI |
Nama: NISRINA HASBIN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nisrina Hasbin. 2020. Kreativitas Mengajar Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di MAN Tolitoli, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UniversitasTadulako. Pembimbing: Hasan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kreativitas mengajar guru dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran sejarah di MAN Tolitoli dan bagaimana kreativitas mengajar guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kreativitas mengajar guru sejarah dan kreativitas mengajar guru sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan tentang kreativitas guru sejarah dalam mengajar di MAN Tolitoli sudah cukup kreatif. Selanjutnya dari hasil pengumpulan data, guru di MAN Tolitoli sudah cukup kreatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terlihat dari cara guru mengajar dengan memakai beberapa metode, media pembelajarn, serta kemampuan guru untuk mengelola kondisi kelas menjadi kondusif sebelum memulai pembelajaran cukup optimal, dan cara penyampaian materi yang tidak membosankan. Kata Kunci: Kreatifitas, Guru dan Motivasi |