| JudulPENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 PALU |
| Nama: RAFIKA ULYA |
| Tahun: 2019 |
| Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan Game Online terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah dikelas XI IPS SMA Negeri 5 Palu?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan Game Online terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah dikelas XI IPS SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik wawancara terhadap siswa dan guru mata pelajaran. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa kelas XI IPS yang menyukai game online dari permainan yang menguras otak maupun permainan yang terbilang santai, serta banyak siswa yang berpendapat bahwa bermain game online memiliki 2 dampak yaitu : dampak negatifnya adalah dapat menghilangkan minat belajar siswa, mengganggu fokus belajar, membuat lupa untuk belajar serta dapat merusak mata. Sedangkan dampak positifnya adalah menghilangkan setres, menghilangkan rasa bosa dan jenuh, serta meningkatkan berbahasa inggris. |