JudulKREATIVITAS GURU SEJARAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 POSO PESISIR SELATAN |
Nama: MEI ROSA DAMAYANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Mei Rosa Damayanti, 2020. Kreativitas Guru Sejarah Dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Poso Pesisir Selatan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Charles Kapile. (II) Haliadi Sadi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu bagaimana kreativitas guru sejarah dan bagaimana penerapan kurikulum 2013 ?. Penelitian ini bertujuan menjelaskan kreativitas guru sejarah dan penerapan kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah satu orang kepala sekolah, satu orang guru sejarah dan ini 15 orang siswa dengan cara pengambilan random sampling atau pengambilan secara acak. Teknik pengambilan data melalui: observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa Kreativitas Guru Sejarah Dalam Penerapan Kurikulum 2013 dimana kreativitas guru sejarah sudah sangat baik dalam melakukan proses kegiatan belajar mengajar seperti memberikan motivasi, lebih percaya diri dan juga selalu tepat dalam mengambil sikap dan tindakan di dalam proses pembelajaran. Kemudian dalam penerapan kurikulum 2103 sudah dapat dikatakan berjalan dengan efektif karena penerapannya sudah berlaku untuk semua kelas mulai dari kelas X, XI, dan XII. Kreativitas guru sejarah dalam penerapan kurikulum 2013 sudah sangat baik dimana berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah mengatakan bahwa penerapan kurikulum 2013 ini sudah berjalan dengan sangat baik berdasarkan tujuan dan penerapan kurikulum itu sendiri. Hal tersebut dapat di lihat dari guru-guru khususnya guru sejarah yang terus berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran begitu pun dengan siswa yang telah menunjukan sikap yang baik dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Kreativitas , Guru Sejarah, dan Penerapan Kurikulum 2013 |