JudulPEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS VIII SMP NEGERI 12 PALU |
Nama: NURLIYANA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Nurliyana. 2019. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas VIII SMP Negeri 12 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Junarti, Pembimbing (2) Mahfud M. Gamar. Faktor permasalahan yang dikaji dalam tulisan ini adalah; Bagaimana pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran sejarah kelas VIII SMP Negeri 12 Palu? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan dengan tahap-tahap yaitu; (1) Studi Pustaka, (2) Studi Lapangan (a) Observasi (b) Wawancara (c) Angket (d) Dokumentasi, (3) Instrumen Penelitian, (4) Analisis Data. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa: Penggunaan internet merupakan salah satu sarana informasi dan komunikasi yang sangat penting karena dapat menambah pengetahuan siswa. Penggunaan internet bermanfaat mendapatkan sumber pembelajaran yang mendukung dalam proses pembelajaran untuk materi sejarah, materi pendidikan, pembelajaran sejarah, bahan makalah, artikel, dan juga untuk mengirim tugas sehingga dapat menunjang pelaksanaan pendidikan terhadap siswa. Terbatasnya sumber pembelajaran berupa buku-buku dan siswa terbiasa memanfaatkan internet sebagai sumber pembelajaran karena tidak menyita banyak waktu, murah, cepat, bisa diakses kapan saja, dimana saja. Selain sebagai sumber pembelajaran, siswa juga memanfaatkan internet sebagai sarana komunikasi dengan menggunakan layanan tertentu seperti facebook sehingga sesama siswa maupun guru bisa saling berkomunikasi. Kata Kunci: Internet, Sumber Belajar dan Siswa. |