JudulUPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 AMPIBABO |
Nama: MOH RIZAL W BUNAI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Moh. Rizal W Bunai, 2019. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 3 Ampibabo. Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Suyuti dan Pembimbing (II) Hasan. Judul penelitian ini adalah Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 3 Ampibabo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 3 Ampibabo? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ampibabo?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menyajikan informasi yang bersifat menerangkan dalam bentuk uraian, maka data yang ada tidak dapat diwujudkan dalam bentuk angka-angka melainkan berbentuk suatu penjelasan yang menggambarkan keadaan, proses dan evaluasi motivasi belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui observasi, dokumentasi, pemberian angket dan wawancara. Dari keempat kegiatan tersebut, menunjukan bahwa upaya guru IPS Terpadu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu belum terlaksana secara maksimal, hal ini sesuai dengan pernyataan yang dipilih informan dimana masing-masing soal responden cenderung memilih prnyataan kadang-kadang dengan item soal mngenai upaya guru IPS Terpadu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain metode, media sebagai sarana juga memiliki faktor penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan sarana dan fasilitas yang memadai dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tersebut. Kata Kunci : Upaya Guru, Motivasi Belajar A |