JudulPERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 5 PALU |
Nama: ISMAR RAJAB |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Ismar Rajab 2018. Persepsi guru Terhadap Pelaksanaan kurikulum 2013 Di SMP Negeri 5 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu, Universitas Tadulako Pendidikan. Pembimbing (1) Syakir Mahid, Pembimbing (2) Charles Kapile, Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 Di SMP Negeri 5 Palu, dan hambatan apa saja yang dihadapi guru saat melaksanakan kurikulum 2013 Di SMP Negeri 5 Palu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 di SMP Negeri 5 Palu, dan menjelaskan penghambat dalam melaksanakan kurikulum 2013 pada pembelajaran di SMP Negeri 5 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dimana yang menjadi populasi adalah seluruh guru yang mengajar pada kelas 1 SMP Negeri 5 Palu berjumlah 10 guru. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penelitian lapangan atau observasi, wawancara dan angket yang dibagikan kepada guru dan penelitian kepustakaan. Untuk mengetahui persepsi guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 Di SMP Negeri 5 Palu menggunakan rumus persentasi. Hasil analisis data menunjukkan persepsi guru terhadap pelaksaan kurikulum 2013 pada SMP Negeri 5 Palu adalah baik, karena sesuai dengan yang diharapkan, serta pembelajaran lebih mudah di laksanakan. Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 Di SMP Negeri 5 Palu yaitu masih kurangnya sumber belajar berupa buku pedoman untuk siswa dan buku pegangan guru pada beberapa mata pelajaran, masih kurangnya pemahaman guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, serta masih kurangnya pemahaman guru dalam melakukan sistem penilaian. Kata kunci: Persepsi Guru, Kurikulum 2013 ? |