Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Meningkatkan Hasil Ulangan Harian Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas VIII D SMP Negeri 1 Sirenja
Nama: RATNAWATI
Tahun: 2022
Abstrak
RATNAWATI,2011 : Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Meningkatkan Hasil Ulangan Harian Siswa kelas VIII D Pada Mata Pelajaran Sejarah SMP Negeri 1 Sirenja. Pembimbing (I) Junarti Dan Pembimbing (II) Misna Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Think Pair Share, hasil ulangan harian Permaslahan utama dan mendasar pada penelitian ini adalah rendahnya hasil ulangan harian siswa pada mata pelajaran IPS Sejarah di kelas VIII D SMP Negeri 1 Sirenja. Berdasarkan hasil observasi awal penyebab rendahnya hsil ulangan harian siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil ulangan harian siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas VIII D Smp Negeri 1 Sirenja. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model kemmis dan mc taggar yang dilakukan dalam 2 siklus. tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu ;1) perncanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D Smp Negeri 1 Sirenja yang berjumlah 35 siswa. Kelas VIII D sangat rendah jika dibandingkan dengan kelas VIII lainnya. Pengumpulan data dilakukan sebanyak 2 siklus yang terbagi dalam 4 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I dan II observasi siswa maupun guru menggalami peningkatan sangat drastis sehingga berdampak [ada hasil ulangan harian siswa yaitu [ada siklus I hasil ulangan harian siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan daya serap individu sebanyak 30 siswa atau 85,71?ri jumlah 35 siswa. sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,57?ngan ketuntasan klasikan sebesar 94,28%. Pada siklus II siswa yang tuntas mengikuti ulangan harian mencapai 100?ri jumlah 35 siswa. Nilai rata-rata hasl belajar siswa sebesar 83,31?ngan ketuntasan klasikal sebesar 100%. berdasarkan indikator kinerja keberhasilan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hsail ulangan harian siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas VIII D SMP Negeri 1 sirenja

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up