JudulEFEKTIVITAS MODEL E-ASSESMENT BERBASIS VIDEO INTERAKTIF EDPUZZLE TERHADAP KOMPETENSI KOGNITIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA |
Nama: KHARISMA LAGOA |
Tahun: 2025 |
Abstrak “Efektivitas Model E-Assesment berbasis Video Interaktif Edpuzzle terhadap Kompetensi Kognitif dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia” Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Pembimbing Kasmudin Mustapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model e-assesment berbasis video interaktif edpuzzle terhadap kompetensi kognitif dan kemandirian belajar siswa pada materi ikatan kimia. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Palu. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampling jenuh. Artinya, seluruh populasi dalam penelitian ini juga menjadi sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 1 sebanyak 29 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI IPA 2 sebanyak 28 orang sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes kognitif dan kuesioner kemandirian belajar yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model e-assesment berbasis Edpuzzle lebih efektif meningkatkan kompetensi kognitif dan kemandirian belajar siswa. Hasil tersebut juga dibuktikan dengan uji Independent Sampel T-Test yang menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,024 yang bernilai < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model e- assesment berbasis video interaktif Edpuzzle terhadap kompetensi kognitif dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran kimia”. |