Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DR. STONE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIRENJA
Nama: MIFTAHUL JANNAH
Tahun: 2025
Abstrak
Miftahul Jannah, 2025. “Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media animasi Dr. Stone terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa kelas XI SMA Negeri 1 Sirenja”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Vanny Maria Agustina Tiwow. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media animasi Dr. Stone terhadap hasil belajar siswa pada materi asam dan basa di kelas XI SMA Negeri 1 Sirenja. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa pada materi tersebut dan kebutuhan akan pendekatan pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan kontekstual. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental desain dengan desain pre-test dan post-test pada satu kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), media animasi Dr. Stone, dan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil validasi menunjukkan bahwa semua instrumen layak digunakan dengan kategori valid. Hasil belajar siswa dianalisis menggunakan skor N-Gain untuk mengukur peningkatan kemampuan setelah pembelajaran. Rata-rata skor N-Gain yang diperoleh adalah 0,7331 atau 73,31% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test sebesar 37,10 poin menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kombinasi PBL dan animasi Dr. Stone tidak hanya sesuai dengan tujuan penelitian, tetapi juga efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep abstrak serta keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran kimia. Kata Kunci: Problem Based Learning, Animasi Dr. Stone, Hasil Belajar, Asam dan Basa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up