JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA MATERI ASAM BASA DI SMA LABSCHOOL UNTAD PALU |
Nama: ANASTASYA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Anastasya, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Pada Materi Asam Basa Di SMA Labschool Untad Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing Ratman. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menjadikan masalah sebagai focus utama dalam proses pembelajaran. Penyajiannya mengarahkan siswa untuk berkolaborasi dalam kelompoknya agar dapat menyelesaikan masalah tersebut melalui berbagai kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain true eskperimental. Populasi penelitian terdiri dari 47 siswa. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan purposve sampling yang dibagi menjadi kelas eksperimen sebanyak 15 orang siswa dari kelas XI MIA 2 dan kelas kontrol sebanyak 16 siswa dari kelas XI MIA 1. Instrumen penelitian menggunakan tes literasi dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal dan tes numerasi dalam bentuk essay sebanyak 5 soal. Seluruh instrumen yang diberikan telah divalidasi melalui validasi ahli. Analisis data menggunakan Uji Mann-Whitney. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji Mann-Whitney (0,000) lebih kecil dari nilai signifikansi yang telah ditentukan yaitu 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, literasi numerasi, asam basa, SMA Labschool Untad Palu. |