Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Perkembangan Model Atom Di SMAN 9 Palu
Nama: ZAENAB
Tahun: 2025
Abstrak
Zaenab. (2024). "Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Perkembangan Model Atom di SMAN 9 Palu". Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Kasmudian Mustapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi perkembangan model atom di SMAN 9 Palu. Penelitian ini menggunakanmetode kuantitatif deskriptir subjek dimana penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas MIA 1 dan 28 siswa kelas MIA 3. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai berupa soal uraian yang mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa dengan indikator kelancaran, kebaruan, keluwesan, dan elaborasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi perkembangan model atom di SMAN 9 Palu, hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis statistik data kelas aksperimen yang memberikan nil siq. (2-tailed) (0,007) < tarif signifikansi (0,05). Hasil analisis N- gain juga menunjukan informasi bahwa pembelajaran menggunakn media pembelajran Augmented Reality mengalami peningkatan sebesar 0,74 dan termasuk kategori cukup efwktif. Peningkatan teohat pada semua indikator yakni dari indikator kelancaran dari kurang kreatif menjadi kreatif, indikator keluwesan, kebaruan, dan elaborasi dari kirang kreatif menjadi sangat kreatif. Kata kunci : Pengaruh, Berpikir Kreatif, Perkembangan Model Atom

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up