Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMAN 7 PALU
Nama: KRISTINA D
Tahun: 2024
Abstrak
Kristina D, 2024. Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Materi Laju Reaksi Di SMAN 7 Palu. Skripsi program studi Pendidikan kimia, jurusan Pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing : Afadil. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan Efektivitas penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi kelas XI di SMAN 7 Palu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dapat dilihat dari hasil analisis data angket penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas XI 7 total rata-rata 77,94%. Pada kelas XI 8 total rata-rata 77,99%. Kemudian di kelas XI 9 total rata-rata 76,57%, sedangkan di kelas XI 10 total rata-rata 76,61%. Dengan hasil kemampuan berpikir kritis siswa di peroleh pada kelas XI7 pada indikator memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lanjut, dan mengatur strategi dan taktik berturut-turut sebesar 70,46 %, 72,5 %, 72,12 %, 85,97 ?n 82,63 ?ngan rata-rata 76,74 pada kategori Kritis. Untuk kelas XI 8 berturut-turut 78,81 %, 72,29 %, 70,18 %, 79,02 %, dan 88,05 ?ngan rata-rata 76,27 pada kategori Kritis. Untuk kelas XI 9 berturut-turut 66,09 %, 64,89 %, 61,01 %, 75,69 %, dan 78,33 ?ngan rata-rata 69,20 pada kategori Kritis. Untuk kelas XI 10 berturut-turut 75,66 %, 78,54 %, 71,57 %, 88,61 ?n 89,3 %. dengan rata-rata 80,73 pada kategori Kritis. Kata Kunci : Efektivitas penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi, kemampuan berpikir kritis, laju reaksi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up