JudulEfektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Struktur Atom SMAN 4 Palu |
Nama: ANIZAR |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas hasil belajar siswa melalui Penerapan Strategi pembelajaran berdiferensiasi dan mendeskripsikan model pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom kelas X SMAN 4 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X SMAN 4 Palu yang berjumlah 379 orang dari 11 kelas dan guru kimia SMA Negeri 4 Palu yang berjumlah 4 orang. Sampel yang berada di SMAN 4 Palu berjumlah 116 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket pembelajaran berdiferensiasi dan hasil belajar siswa. Hasil angket untuk guru diperoleh dengan rata-rata 86,86%. Hasil angket untuk siswa diperoleh dengan rata-rata 89,03%. Hasil pengolahan dan analisis data terhadap efektivitas penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada pokok bahasan struktur atom diperoleh nilai hasil belajar siswa aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik dengan rata-rata 83,33% termasuk dalam kategori sangat baik, dengan tingkat persentase sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran siswa menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada materi struktur atom di SMAN 4 Palu. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil belajar, dan Struktur Atom. |