JudulPENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 SIGI |
Nama: ROSALIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Rosalia, 2024. “Penerapan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Canva Terhadap Minat Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Sigi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: "Tahril." Pendidikan merupakan proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan potensi dirinya. Media pembelajaran merupakan salah satu alat yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar, dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara guru dan siswa. Minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dalam kelancaran proses belajar mengajar. Canva merupakan suatu program desain online yang terdapat berbagai tools atau alat editing untuk membuat berbagai desain grafis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh penerapan E-modul berbasis canva terhadap minat belajar kimia siswa SMAN 2 Sigi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket,kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis canva terdapat perubahan yang signifikan, dapat dilihat dari hasil anlisis angket minat sebelum dan dan sesudah pembelajaran, dikelas XI IPA 1 total rata-rata persentase sebelum penerapan media yaitu 58% sedangkan total rata-rata persentase sesudah penerapan media yaitu 82,78%. Kemudian dikelas XI IPA 2 total rata-rata persentase sebelum penerapan media yaitu 63,37% sedangkan total rata-rata persentase sesudah penerapan media yaitu 80,64%. Analisis keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media E-modul pada kelas XI IPA 1 presentase keterlaksanaannya yaitu X=2,9 atau termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pada kelas XI IPA 2 presentase keterlaksanaannya yaitu Y=2,7 atau juga termasuk dalam kategori baik. Kata kunci : E-Modul, Minat Belajar, Laju Reaksi |