JudulPenerapan Metode Pembelajaran Stem (Science,Technology,Engineering,Mathematic) Pada Materi Laju Reaksi Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas XI Di Sma Negeri 1 Palu |
Nama: DIAH RAHAYU RAJAPATNI |
Tahun: 2025 |
Abstrak DIAH RAHAYU RAJAPATNI, 2025. Penerapan Metode Pembelajaran STEM ( Science, Technology, Engineering, Mathematic) Pada Materi Laju Reaksi Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Paulus Hengki Abram. Penelitian ini bertujuan untuk Mengukur peningkatan Kreativitas Siswa menggunakan Metode Pembelajaran STEM berbasis project based learning pada siswa kelas XI Di SMA Negeri 1 Palu. Merupakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode eksperimen, yaitu pre Experimental dengan tahapan perencanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanaka 10 februari – 15 februari 2025. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Palu tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 150 orang, sampel pada kelas XI MIPA 6 yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket . Hasil Penelitian di proleh nilai rata-rata tingkat kreativitas siswa 55?lam kategori sedang, Fleksibilitas 57,8%, Fluensitas 60,1%, Originalitas 57,8%, Elaborasi 59,3%, klarifikasi 36,7% Respon Penerapan Metode Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) Pada Materi Laju Reaksi Berbasis Project Based Learning dengan rata-rata 67,14% yang termasuk dalam kategori baik, keterlaksanaan dan keefektifan dari penggunaan Penerapan Metode Pembelajaran STEM ( Science, Technology, Engineering, Mathematic) Pada Materi Laju Reaksi Berbasis Project Based Learning efektif digunakan untuk meningkatkan Kreativitas siswa. Kata kunci :Metode pembelajaran STEM, Pjbl, Kreativitas |