JudulPenerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di MAN 2 Kota Palu |
Nama: NUR SUSI SUSANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada materi laju reaksi dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September – Desember tahun 2022 di MAN 2 Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre – experimen dengan desain penelitian one group pretest – posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2022/ 2023 berjumlah 155 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian untuk kelas replikasi 1 (XI MIPA 1) berjumlah 23 siswa dan kelas replikasi 2 (XI MIPA 2) berjumlah 24 siswa. Keefektifan penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning dapat dilihat dari rata – rata nilai N- gain pada kelas replikasi. Untuk kelas replikasi 1 rata – rata nilai N – gain sebesar 0,76 yang termasuk dalam kategori tinggi. Demikian pada kelas replikasi 2 sebesar 0,74 yang termasuk dalam kategori tinggi. Pengambilan data kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda yang valid. Kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 2 diperoleh hasil sebelum diterapkan model pembelajaran sebesar 20,40 dan 20,83, setelah diterapkan model pembelajaran diperoleh sebesar 80,60 dan 79,80. Data ini menunjukkan terdapat peningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada materi laju reaksi dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning. Faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas XI MIPA 1 dan MIPA 2 berbeda yaitu faktor yang bersifat internal dan faktor yang bersifat eksternal. |