Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pendekatan Saintifik (scientific Approach) Terhadap Kemampuan Representasi Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Bala Keselamatan Palu
Nama: SINDY VELESIA TUKAEDJA
Tahun: 2024
Abstrak
Sindy Velesia Tukaedja, 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Terhadap Kemampuan Representasi Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Bala Keselamatan Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing : (I) Tri Santoso, (II) Dewi Satria Ahmar. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan pendekatan saintifik terhadap kemampuan representasi siswa pada mata pelajaran kimia materi larutan penyangga di kelas XI SMA Bala Keselamatan Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre-test-Post-test Control Group Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 44 siswa dengan dua kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA 1 sebagai eksperimen 1 (n=22) dan kelas XI MIA 2 sebagai eksperimen 2 (n=22) Teknik pengambilan sampel yang digunkan adalah teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan pendekatan saintifik ditinjau dari hasil perhitungan uji N-Gain pada eksperimen 1 = 0,45 berada pada kategori sedang dan eksperimen 2 = 0,73 berada dalam kategori tinggi, berdasarkan penilaian uji N-Gain pada setiap level kemampuan representasi pada pretest diperoleh nilai rata-rata level makroskopik = 0,70 berada pada kategori sedang ; level submikroskopik = 0,28 berada pada kategori rendah ; level simbolik = 0,49 berada pada kategori sedang sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan pendekatan saintifik dan cukup efektif digunakan terhadap peningkatan kemampuan representasi siswa kelas XI pada materi larutan penyangga. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Representasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up