JudulAnalisis Dampak Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Kimia Di MAN 1 Kota Palu |
Nama: RAMDAN EFENDI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ramdan Efendi, 2023. Analisis Dampak Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid’19 Pada Mata Pelajaran Kimia di MAN 1 Kota Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Strata Satu, Universitas Tadulako. Pembimbing H. Suherman. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apa saja dampak yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi covid’19 pada mata pelajaran kimia di MAN 1 Kota Palu. Penelitian ini termasuk pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini sama dengan jumlah populasi yaitu 105 siswa MAN 1 Kota Palu yang terdiri dari kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2. XI MIPA 3, XI MIPA 4 dan 1 guru kimia. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan dampak pembelajaran daring di masa pandemi covid’19 di MAN 1 Kota Palu sesuai dengan hasil penelitian tidaklah baik, hal ini berdasarkan hasil rata-rata yang didapatkan di setiap tingkat keyakinan setiap indikator yang ada, pada indikator pertama didapatkan hasil rata-rata dengan tingkat keyakinan sangat setuju 14.13, tingkat keyakinan setuju 51,13, tidak setuju 37,4 dan sangat tidak setuju 9,33 dengan rata-rata kategori tidak baik. Indikator kedua dengan rata-rata pada tingkat keyakinan sangat setuju 20,25, setuju 46,5, tidak setuju 31 dan sangat tidak setuju 7,25 dengan rata-rata kategori tidak baik. Indikator ketiga dengan rata-rata pada tingkat keyakinan sangat setuju yaitu 33,8, setuju 49,8, tidak setuju 18,6 dan sangat tidak setuju 2,8 dengan rata-rata mendapatkan kategori tidak baik. Indikator keempat dengan rata-rata pada tingkat keyakinan sangat setuju yaitu 22,8, setuju 58, tidak setuju 16,4 dan sangat tidak setuju 4,8 dengan rata-rata mendapatkan kategori tidak baik. Sedangkan kendala yang dialami siswa yaitu, jaringan internet, kuota internet dan pada guru yaitu, siswa kurang fokus, melakukan aktifitas diluar pembelajaran dan sulit menentukan mana siswa aktif dan tidak. Kata Kunci: Pembelajaran daring, dampak, pembelajaran kimia. |