JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 1 AMPIBABO |
Nama: SITI HANISA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Siti Hanisa, 2023. ”Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Ampibabo” Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Kasmudin Mustapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di SMA Negeri 1 Ampibabo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ampibabo, tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 150 orang yang terdiri dari 5 kelas. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan khusus (purposive sampling) dengan sampel penelitian XI IPA E yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, XI IPA A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning pada materi laju reaksi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Ampibabo. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan menggunakan aplikasi SPSS Versi 26 dimana nilai Sig (2-tailed) = 0,007 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Project Based Learning pada materi laju reaksi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Ampibabo. Kata Kunci : Project Based Learning, Laju Reaksi, Hasil Belajar. |