Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIdentifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Three-Tier DiagnosticTest Berbasis Google Form Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Baras
Nama: SUSI NURHAYATI
Tahun: 2023
Abstrak
Susi Nurhayati, 2023. “Identifikasi Miskonsepsi Siswa menggunakan Three-Tier diagnosticTest berbasis Google Form pada Materi Koloid di SMA Negeri 1 Baras”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Imu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Tri Santoso dan Dewi Satria Ahmar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengukur tingkat miskonsepsi pada materi koloid menggunakan three-tier diagnostic test berbasis google form pada siswa, (2) mengetahui faktor penyebab miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 26 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sehingga seluruh populasi sekaligus menjadi sampel penelitian. Instrumen penelitian terdiri dari tes diagnostik three-tier dengan nilai validitas 0,7 dan nilai reliabilitas 0,89 dan angket persepsi siswa yang dapat mendiskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa mengalami miskonsepsi dengan persentase sebesar 50,77% (kategori sedang). Paham konsep sebesar 27,18% (kategori rendah). Paham konsep tetapi kurang yakin sebesar 2,05% (kategori rendah) dan tidak paham konsep sebesar 20 % termasuk dalam kategori rendah. Miskonsepsi tertinggi terjadi pada indikator mengidentifikasi berbagai jenis produk yang termasuk sistem koloid dalam kehidupan sehari-hari (61,54%). Miskonsepsi terendah terjadi pada indikator menjelaskan dan membedakan sifat-sifat koloid (30,77%). Faktor-faktor yang menyebkan miskonsepsi pada siswa terjadi karena faktor guru faktor metode belajar. Kata Kunci: Koloid, Miskonsepsi, Tes Diagnostik Three-Tier

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up