JudulPENERAPAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING ) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 1 AMPIBABO |
Nama: NURVIANA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Nurviana, 2023. ”Penerapan PBL (Prablem Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Laju Reaksi Di SMA Negeri 1 Ampibabo” . Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Kasmudin Mustapa. Penelitian ini berjuan: untuk memperoleh deskripsi keterampilan berpikir kritis siswa pada Materi Laju Reaksi Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) Di SMA Negeri 1 Ampibabo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI IPA A SMA Negeri 1 Ampibabo dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis berupa 5 butir pertanyaan yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan dengan menghitung nilai yang diperoleh siswa untuk setiap indikator keterampilan berpikir kritis, kemudian mengelompokkannya berdasarkan kategori berpikir kritis. Indikator keterampilan berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut Ennis yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, penarikan kesimpulan, membuat penjelasan lebih lanjut, mengatur strategi dan taktik. Berdasarkan hasil data penelitian diperoleh presentase siswa yang memperoleh nilai tinggi untuk lima indikator yang digunakan berturut-turut yaitu memberikan penjelasan sederhana sebesar 57,13%, indikator membangun keterampilan dasar sebesar 82,85%, indikator menyimpulkan sebesar 68,56%, indikator membuat penjelasan lebih lanjut sebesar 82,86%, serta indikator mengatur strategi dan taktik sebesar 82,84%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Ampibabo kelas XI IPA A berada pada kategori baik. Kata Kunci: Problem Based Learning,Keterampilan Berpikir Kritis, Laju Reaksi. |