JudulAnalisis Konsepsi Siswa Pada Materi Laju Reaksi Menggunakan Tes Three Tier Multi Representasi |
Nama: CHATIFAH ALIMUDDIN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsepsi siswa pada materi laju reaksi menggunakan tes three-tier multi representasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang mendeskripsikan konsepsi peserta didik pada materi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 157 siswa. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang siswa yang terdiri dari 25 orang siswa (XI MIPA 1) dan 25 orang siswa (XI MIPA 2). Data konsepsi siswa diperoleh dari pemberian tes konsepsi kepada siswa dengan menggunakan instrumen yang telah tervalidasi. Hasil penelitian diperoleh persentase konsepsi untuk kategori (tahu konsep) 29%, kategori miskonsepsi (MK2) 14%, kategori miskonsepsi (MK3) 26?n kategori (tidak tahu konsep) 31%. Kategori (tahu konsep) tertinggi pada representasi makroskopis 44%, kategori miskonsepsi (MK2) tertinggi pada representasi makroskopis 24%, kategori miskonsepsi (MK3) tertinggi pada representasi simbolik 40?n kategori (tidak tahu konsep) tertinggi pada representasi simbolik 40%. Kata Kunci: Konsepsi, Materi Laju Reaksi, Tes Three-tier Multi Representasi. |