Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Bertanya Kritis Siswa
Nama: SULPIANA
Tahun: 2023
Abstrak
Sulpiana 2023, “ Pengaruh Model pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Bertanya Kritis Siswa ” Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Pembimbing (1) Tri Santoso (2) Dewi Satria Ahmar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kemampuan bertanya kritis siswa menggunakan model pembelajaran discovery. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA pada tahun 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 125 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik sampling jenuh sehingga seluruh populasi penelitian menjadi sampel penelitian. Instrumen penelitian menggunakan instrumen soal tes keterampilan bertanya kritis siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata prettest siswa berada pada 3 kategori yaitu: sangat rendah (8,73), rendah (28,22), sedang (47,5) sedangkan nilai rata-rata posttest berada pada 4 kategori yaitu: rendah (33,85), sedang (53,09), tinggi (69,27) dan sangat tinggi (86,67). Hasil analisis nilai N-gain yang diperoleh untuk seluruh sampel penelitian adalah 0,48 nilai ini termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery berpengaruh terhadap kemampuan bertanya kritis siswa. Kata kunci: Bertanya kritis, larutan penyangga, model pembelajaran discovery.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up