JudulANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 5 PALU PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TEST DIAGNOSTIC FALSE TRUE |
Nama: AFDILLAH SIDIQ NUR |
Tahun: 2025 |
Abstrak AFDILLAH SIDIQ NUR 2025, “Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Palu pada Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Instrument Test Diagnostic False True” Program Studi Pendidkan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Universitas Tadulako, Palu, Pembimbing : Sri Mulyani Sabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat miskonsepsi yang dialami siswa kelas XII SMA Negeri 5 Palu pada materi kesetimbangan kimia menggunakan Instrument Test Diagnostic False True. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 5 Palu tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunkanan instrument test diagnostic false true. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase dan mengkategorikan miskonsepsi siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka ditemukan bahwa siswa mengalami miskonsepsi pada materi Kesetimbangan Kimia sebesar 47,37?ngan kategori miskonsepsi sedang. Pada sub bab Konsep Kesetimbangan dinamis dengan persentasi tingkat miskonsepsi tertinggi sebesar 85?ngan kategori Tinggi, selanjutnya untuk pada sub bab tetapan kesetimbangan, tingkat miskonsepsi tertinggi memiliki persentase sebesar 50?ngan kategori Sedang dan pada sub bab faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan tingkat miskonsepsi tertinggi memiliki persentase 60?ngan kategori Sedang. Kata kunci : Miskonsepsi, Kesetimbangan Kimia, Test Diagnostic False True |