JudulAnalisis Keterampilan Bertanya Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Laju Reaksi Dengan Menggunakan Metode Problem Posin |
Nama: ATMAYANA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Atmayana, 2023. “Analisis Keterampilan Bertanya dan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Laju Reaksi dengan menggunakan Metode Problem Posing” Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Pembimbing (1) Tri Santoso (2) Magfirah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keterampilan bertanya dan berpikir kritis siswa pada pembelajaran laju reaksi dengan menggunakan Metode Problem Posing. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Palu, pada bulan Agustus 2022 - Maret 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA dengan jumlah kelas sebanyak 8 kelas yang berjumlah sebanyak 270 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian menggunakan instrumen soal tes keterampilan bertanya dan berpikir kritis siswa yang valid. Hasil penelitian pada keterampilan bertanya berada pada kategori tinggi, sedang, dan rendah dengan presentase 46%, 50%, dan 4%. Keterampilan berpikir kritis siswa berada pada kategori sangat tinggi, tinggi, dan sedang dengan presentase 32%, 43%, dan 25%. Kata Kunci: Keterampilan Bertanya, Keterampilan Berpikir Kritis, Laju Reaksi, Metode Problem Posing |