JudulPEMBELAJARAN BERTANYA KRITIS BERBASIS INKUIRI (BKBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT |
Nama: DITA JUNIARTI S SAMBALI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 5 palu pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit melalui pembelajaran bertanya kritis berbasis inkuiri (BKBI). Jenis penelitian ini adalah pra- eksperimen dengan desain penelitian yaitu One group pretest-posttes. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes yang telah di validasi berupa tes hasil belajar. Pengujian data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif uji N-Gain. Skor rata-rata tes awal siswa sebesar 55,65 dan tes akhir siswa sebesar 77,93. Dari kedua nilai tersebut di peroleh skor rata-rata n-gain sebesar 0,49 termasuk dalam katergori sedang.Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bertanya kritis bebasis inkuiri (BKBI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi elektrolit dan non elektrolit. Kata Kunci: Bertanya Kritis, Hasil Belajar, Larutan elektrolit dan non elektrolit, Pembelajaran. |